Rabu, 18 Mei 2011

Fakta Unik Mengenai Binatang

Dunia binatang memang sangat menarik untuk diamati dan tiada habisnya. Dari tingkah laku hingga hal-hal aneh yang mungkin belum kita sadari. Berikut fakta unik yang bisa jadi akan membuat Anda tercengang.

Ikan Layar

ikan-layarIkan Layar (sailfish) adalah ikan yang menjadi favorit para pemancing profesional. Tapi ikan ini termasuk ikan yang misterius di kalangan ahli biologi kelautan. Apa sebabnya? Tingkat perpindahan (migrasi) yang tinggi dan pergerakannya yang cepat.
Tak hanya itu, ikan yang memiliki dua nama latin berbeda ini tersebar ratusan mil dari pantai. Sehingga para ahli kesulitan untuk melakukkan tagging (penomoran) serta pengumpulan data untuk penelitian.
Ikan ini juga termasuk ikan yang ‘cepat’. Bayangkan saja, sekitar 36 jam setelah bertelur, telur-telur tersebut langsung menetas. Pertumbuhan tubuh mereka juga sangat cepat, yakni sekitar 6 kaki per tahun.
Ikan Layar yang berada di Samudra Pasifik bernama lain Istiophorus albicans. Sedangkan untuk di Samudra Atlantik bernama Istiophorus platypterus.

Kumbang Badak

kumbang-badakKali ini berbicara mengenai hewan terkuat. Apakah nama hewan itu? Jika gajah adalah binatang besar dan berat yang dianggap paling kuat, maka tengoklah dulu fakta unik mengenai kumbang badak ini.
Kumbang badak atau yang bernama latin the rhinoceros beetle ini mampu membawa beban sebanyak 850 kali dari total berat badannya. Sedangkan gajah Afrika hanya mampu mengangkat beban dengan proporsi 25% dari total berat badannya.
Dari perbandingan tersebut, jelas kumbang badak lah hewan terkuat.

Burung Unta

burung-untaBurung unta memiliki tinggi badan mencapai 2,5 meter dengan berat 180 kg. Tak hanya besar, burung unta juga memiliki daya tahan yang luar biasa. Burung ini bisa bertahan hidup pada suhu di atas 40 derajat Celcius hingga suhu 0 derajat Celcius. Binatang yang umurnya bisa mencapai sekitar 50 tahun ini ternyata tak membuat kantong pemiliknya bocor.
Pengeluaran untuk biaya makanannya setahun kira-kira hanya menghabiskan sebesar US$ 75. Meski irit soal makan, namun yang paling sulit dalam memelihara burung unta adalah soal kandang. Diperlukan lahan yang cukup luas dan berpagar tinggi agar burung unta merasa nyaman dan tidak bisa lari keluar kandang.
Jika burung unta kabur, maka kamu perlu sebuah mobil untuk mengejarnya. Meski berbadan besar, burung yang bisa berlari hingga 50 km/jam ini ternyata mempunyai mata yang lebih besar dari otaknya.

Paus Biru

paus-biruPaus biru (Balaenoptera musculus) adalah hewan dengan suara paling keras, menurut para ilmuwan.
Suara ikan yang juga menyandang gelar sebagai hewan terbesar di bumi ini ternyata lebih keras daripada suara moge Harley Davidson. Bahkan bisa lebih keras daripada suara konser rock yang paling keras. Kurang keras? Bahkan suara ledakan bom pun masih kalah keras.
Jadi seberapa keras suara ikan paus biru ini? Suara ikan ini dapat mencapai 188 desibel. Angka yang sama dengan 1 juta kali suara mesin jet (yang mempunyai tingkat kekerasan suara 120-130 desibel). Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Artinya, setiap kenaikan 10 desibel, terjadi peningkatan intensitas suara hingga 10 kali. Kita tentunya harus bersyukur bahwa ikan paus biru tersebut tidak hidup di daratan.

Peregrine Falcon

peregrine-falconJika Anda beranggapan bahwa Cheetah yang mampu berlari hingga 114km/jam adalah binatang yang tercepat, maka Anda salah. Tahukah Anda bahwa seekor burung bernama Falco Peregrinus (the peregrine falcon) adalah hewan tercepat yang ada di bumi. Ia mampu terbang dengan kecepatan mencapai 390km/jam.
Sayangnya, hewan yang memiliki populasi tersebar di seluruh benua, kecuali Antartika ini mulai terancam kepunahan.

Stout Infantfish

Ikan kerdil ini ditetapkan sebagai hewan bertulang belakang (vertebrata) paling mungil dan paling ringan sedunia. Ikan yang hidup di sekitar perairan Great Barrier Reef, Australia ini panjangnya hanya 7 milimeter. Peringkat kedua dipegang oleh ikan Paedocypris progenetica yang ditemukan di rawa-rawa gambut di Pulau Sumatera. Hewan ini memiliki panjang sekitar 7,9 milimeter.

Unta

untaIni bukan burung unta, melainkan unta. Unta dapat bertahan hidup hingga delapan hari tanpa makan atau minum pada suhu 50 derajat Celcius. Unta juga ampu berjalan tanpa minum dalam jangka waktu lama sampai menemukan sumber air lagi yang kemudian akan disimpannya.
Tahukah Anda bahwa unta mampu meminum air sebanyak sepertiga berat badannya (sekitar 130 liter) hanya dalam waktu sepuluh menit dan dalam sekali minum?
Tempat penyimpanan air ini terletak pada punuk unta. Sekitar 40 kilogram lemak juga disimpan disini. Hal inilah yang membuat unta kuat berjalan berhari-hari di gurun pasir tanpa makan dan minum.
Jika Anda berjalan di gurun pasir, kesulitan terbesar adalah adanya badai pasir. Angin gurun yang muncul tiba-tiba, biasanya menjadi pertanda munculnya badai pasir yang butiran pasirnya dapat menyesakkan napas dan membutakan mata.
Unta seolah dirancang khusus untuk hidup di padang gurun. Pada kelopak matanya, unta memiliki sistem perlindungan untuk melindungi matanya dari debu dan butiran pasir. Hebatnya lagi, kelopak mata ini juga tembus pandang alias transparan. Sehingga unta tetap dapat melihat meskipun dengan mata tertutup. Bulu matanya yang tebal dan panjang juga khusus diciptakan untuk mencegah masuknya debu ke dalam mata.
Pada hidung unta juga terdapat desain khusus, yakni ketika badai pasir menerpa, unta menutup hidungnya dengan penutup khusus.

Gajah

gajahMeski gajah kalah kuat dibandingkan dengan Kumbang Badak, bukan berarti binatang dengan ‘hidung’ panjang ini tak punya keistimewaan. Gajah mempunyai bantalan tebal berupa jaringan kenyal yang tumbuh sebagai lapisan pada bagian bawah setiap telapak kakinya yang berfungsi untuk menyerap guncangan akibat berat badannya.
Lapisan bantalan ini bekerja dengan cara menyebarkan efek tekanan gajah ke permukaan tanah. Karena itu, gajah mudah mengangkat kakinya. Berkat bantalan tersebut, gajah mampu berjalan dan menempuh jarak yang jauh, meskipun tubuhnya amat berat. Bahkan menurut hukum fisika, seorang wanita bersepatu hak tinggi akan memberikan tekanan lebih besar pada permukaan tanah daripada satu kaki gajah.
Gajah berkomunikasi dengan suara infrasonik yang tidak terdengar oleh telinga manusia. Suara infrasonik ini memungkinkan gajah berbicara menggunakan bahasa khusus dengan gajah lain yang terpisah hingga sejauh 4 km. Sinyal infrasonik terbentuk pada saat benda bermasa besar bergerak sebagaimana pada saat meletusnya gunung berapi.
Suara infrasonik termasuk gelombang berfrekuensi rendah. Manusia bisa mendengarnya dengan bantuan alat perekam khusus. Awalnya, binatang yang diyakini mampu menghasilkan suara jenis ini hanyalah ikan paus, makhluk laut terbesar. Tapi ternyata gajah juga menggunakan cara yang sama untuk berkomunikasi dengan sesama mereka. Gajah juga mampu mendengar panggilan yang berjarak 10 km dengan sumber gelombang infrasonik.
Gajah merupakan makhluk sosial yang hidup di alam liar. Gajah betina hidup dala kelompok keluarga yang sangat dekat. Mereka menghabiskan sekitar 18 jam untuk berjalan, berendam, berinteraksi dengan gajah lain dan makan. Gajah akan berduka apabila kehilangan salah satu kerabatnya, karena gajah juga memiliki kecerdasan dan sensitivitas.

Kucing

kucingKucing adalah hewan yang termasuk memiliki jenis yang banyak. Dari anjing model Persia yang sering dimanja dan dirawat ke salon, hingga kucing kampung yang biasa mencuri ikan asin di rumah penduduk.
Tahukah kamu bahwa faktanya, kucing adalah binatang yang menyimpan potensi bahaya yang cukup besar. Meskipun kelihatannya binatang ini kooperatif dengan manusia.
Bahayanya, kucing ternyata bisa menjadi media yang tepat dalam menyebarkan sejumlah bibit penyakit dan virus, mulai dari tokso hingga rabies yang sangat mengerikan. Berikut beberapa fakta lain tentang kucing yang perlu Anda ketahui:
Predator terhebat di dunia
Kucing (Felis silvestrid-catus), terutama kucing rumah adalah salah satu predator paling hebat di dunia. Kucing mampu membunuh dan atau memakan beberapa ribu spesies hewan, mengalahkan kucing besar (seperti singa, harimau dan sejenisnya) yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 spesies. Karena ukurannya yang kecil, kucing tidak berbahaya bagi manusia. Namun, kucing akan menjadi momok mengerikan apabila terinfeksi rabies.
Sejak 3.500 tahun yang lalu
Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusia sekurang-kurangnya sejak 3.500 tahun yang lalu. Ketika itu, orang Mesir kuno menggunakan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka. Namun, percaya atau tidak, di dunia ini hanya terdapat 1% populasi kucing yang masih termasuk galur murni atau biasa disebut kucing ras. Sisanya adalah kucing hasil percampuran berbagai ras atau disebut kucing kampung. Karena itu, tak heran jika kucing ras mahal harganya.
Berbeda tulisan
Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata “meong”. Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing sering ditulis dengan “meow”. Di negara Inggris sendiri, suara kucing ditulis “miaow”. Sedangkan dalam bahasa Jepang sering ditulis dengan kata “nya”.
Umur dan berat
Kucing biasanya memiliki berat badan 2,5 hingga 7 kg dan jarang yang melebihi 10 kg, kecuali jika diberi makan yang berlebihan, kucing bisa mencapai berat 23 kg. Dalam penangkaran, kucing bisa hidup mencapai 15 hingga 20 tahun. Kucing tertua yang pernah diketahui berusia 36 tahun. Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern, hanya mampu hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.
Hewan yang cinta kebersihan dan raja tidur
Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Salivav atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat, tetapi zat inilah yang dapat memicu alergi pada manusia. Kadang kala, kucing juga memuntahkan gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya. Kucing dapat menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering daripada hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12-16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13-14 jam. Tetapi, tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.
Kucing adalah binatang penyihir?
Di abad pertengahan, kucing dianggap berasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan cara dibakar dan dilempar dari tempat tinggi. Sejumlah ahli sejarah percaya bahwa wabah Black Death atau wabah pes menyebar cepat di Eropa pada abad ke-14 akibat tahyul itu. Padahal, hal itu disebabkan banyaknya pembunuhan kucing ang dilakukan sehingga meningkatkan populasi tikus yang membawa wabah pes tersebut.
Keterbatasan warna
Semua jenis kucing (termasuk macan, Cheetah dan sejenisnya) hanya dapat melihat dua warna, yakni hijau dan biru.
Air seni dan otot
Air seni kucing akan bersinar di bawah sinar gelap. Kucing juga memiliki 32 otot pada tiap telinganya.

Burung Gagak

burung-gagakBurung Gagak tidak hanya identik dengan mistik, tapi juga cinta dan pertengkaran. Burung yang tubuhnya berwarna dominan hitam ini memang terkenal selalu bertengkar dengan sesamanya. Tapi tahukah Anda setelah bertengkar hingga bulu-bulunya acak-acakan, mereka akan kembali ke sarang dan berciuman dengan pasangannya.
Perilaku unik ini dilaporkan oleh Amanda Seed, seorang psikolog dari Universitas Cambridge, Inggris, dalam jurnal Current Biology edisi 23 Januari. Setelah merekam 10 ekor gagak yang tinggal bersama di sebuah pohon, delapan di antaranya merupakan pasangan setia.
Gagak juga termasuk hewan yang cenderung memilih pasangan tunggal (monogami) dan membangun sarang secara permanen. Gagak hidup bergerombolan dan diuntungkan dengan kondisi tersebut karena mereka akan lebih waspada dalam menghadapi predator, serta kemungkinan menemukan sumber makanan semakin besar. Namun, mereka akan selalu berebutan makanan karena tiap pasnagan menginginkan makanan yang terbaik.
Meski sering bertengkar, gagak jarang terlihat bertengkar secara massal. Mereka cenderung bertengkar satu lawan satu. Kembalinya si gagak seusai bertengkar dan kemudian bercumbu dengan pasangannya, diyakini sebagai cara untuk menurunkan tekanan yang dialami karena pertengkaran.

Buaya

Buaya memang mempunyai kulit yang sangat keras. Bahkan pisau sekalipun tak akan mempan. Tapi ternyata buaya merupakan hewan yang tidak bisa menjulurkan lidah.

Tikus

Hewan kecil yang sering berada di sawah dan permukiman bahkan rumah-rumah ini mampu berkembang biak dengan cepat dalam waktu 18 bulan. Satu pasang tikus bisa memiliki keturunan hingga lebih dari satu juta.

Cacing

Cacing tidak memiliki telinga. Namun mereka mendeteksi getaran untuk menggantikan suara. Beberapa jenis cacing pita bahkan memakan dirinya sendiri pada saat tidak ada makanan.

Beruang Kutub

Jika Anda termasuk pecinta kuliner aneh, jangan sampai Anda memakan hati beruang kutub ini. Mengapa? Hati beruang kutub mengandung vitamin C dengan dosis yang sangat tinggi sehingga beracun.

Kecoak

Membunuh kecoak cukup dengan membalikkan badannya saja. Namun tahukah Anda bahwa seekor kecoak mampu hidup sampai 9 hari tanpa kepalanya sampai ia benar-benar mati?

Laba-laba

laba-labaLaba-laba adalah binatang yang bisa menempel pada bidang dengan kemiringan hingga 90 derajat. Hal ini disebabkan karena adanya serangkaian rambut panjang (setae) yang terletak di bawah telapak kakinya.
Di bagian permukaan ujung bawah atau bagian telapak dari masing-masing rambut ini, tertutupi oleh rambut-rambut yang jauh lebih kecil lagi (setule) dengan ujung berbentuk segitiga.
Rata-rata terdapat sekitar 100.000 rambut pada kepala manusia. Namun, pada kaki laba-laba terdapat enam kali lipat dari jumlah rambut pada kepala manusia. Padahal ukuran telapak kaki laba-laba jauh lebih kecil daripada kepala manusia, unik bukan?
Adanya rambut yang sangat banyak, berukuran kecil pada tempat dengan luas yang sedemikian sempit, mengungkapkan adanya kehebatan desain mikro.
Yang tak kalah mengejutkan, ternyata rambut-rambut ini tidak dapat ditemukan pada bagian manapun dari tubuh sang laba-laba, selain hanya pada telapak kakinya. Informasi genetik mengenai bentuk dan rancangan rambut-rambut ini terdapat pada DNA sang laba-laba, dan sel-sel pada telapak kakinya membuat serta menumbuhkan rambut-rambut tersebut mengikuti rancangan desain tersebut.

Katak

Racun katak sering digunakan untuk ujung anak panah dalam berburu maupun dalam peperangan. Wajar saja karena racun katak mampu membunuh 2.200 orang sekaligus.

Gorila

Jika Anda menginginkan Gorila peliharaan Anda ikut KB (keluarga berencana), maka sisihkan saja pil KB milik Anda. Ya, pil KB bagi manusia ternyata juga efektif untuk Gorila.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar